• SMK VETERAN 1 SUKOHARJO
  • SMK RATU : MAJU, NOMOR SATU, BERSATU

Sosialisasi Napsa dan Kesehatan Reproduksi di aula SMK Veteran 1 Sukoharjo dari P4GN Kabupaten Sukoharjo

Pengertian kesehatan reproduksi menurut WHO adalah keadaan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial secara lengkap dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan, dalam segala hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan fungsi-fungsi serta prosesnya.

Pengertian sehat di sini tidak selalu berarti bebas penyakit atau bebas dari kecatatan, namun juga sehat secara mental serta sosiokultural. Masyarakat perlu mengetahui kesehatan reproduksi agar memiliki informasi yang benar mengenai proses reproduksi serta berbagai faktor yang ada disekitarnya.

Masalah yang banyak muncul dimasyarakat saat ini adalah narkoba. Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Makin meningkatnya tingkat pengguna narkoba dimasyarakat saat ini memang menjadi masalah yang sulit dipecahkan. Dampak yang ditimbulkan dari narkoba sangat membahayakan bagi kesehatan. Meskipun banyak orang yang telah mengetahui akibat buruk dari narkoba namun sebagian besar masih tetap saja mengkonsumsinya.

Secara teori, narkoba akan menyebabkan sel-sel sperma ataupun sel-sel telur “cedera” sehingga pembuahan menjadi tidak sempurna, akibatnya bayi yang lahir akan cacat. Bagi ibu hamil, narkoba akan memberikan efek bagi janin sehingga pertumbuhannya tidak sempurna. Kenyataan medis menyatakan bahwa narkoba tidak dapat meningkatkan fungsi seksual namun justru menimbulkan akibat buruk terhadap fungsi seksual dan organ tubuh yang lain, selain tentunya kematian.

Bagaimana dengan fakta yang ditemukan di lapangan? Para pecandu narkoba umumnya aktif secara seksual, baik laki-laki maupun perempuan, baik dilakukan secara sadar maupun tidak sadar. Penggunaan narkoba membuat mereka tidak berpikir panjang akan akibat dari hubungan seksual yang mereka lakukan. Namun demikian, walaupun aktif secara seksual bukan berarti mereka mempunyai informasi akurat mengenai aspek seksualitas dan kesehatan reproduksi, karena pada umumnya pengetahuan mereka mengenai hal itu sangatlah terbatas. Jangankan aspek pencegahan kehamilan atau tertular infeksi menular seksual (IMS) yang dapat dicegah dengan menggunakan kondom, aspek yang sangat sederhanapun tentang akibat dari hubungan seks yang tidak aman dapat menyebabkan kehamilan dan IMS-HIV/AIDS saja tidak mereka ketahui sebelumnya.

Akibatnya, dalam sebuah studi ditemukan bahwa dari perempuan penyalah guna narkoba yang sudah aktif seksual, 40% di antaranya sudah pernah mengalami aborsi dan 80% dari mereka sudah pernah mengalami  IMS, termasuk HIV/AIDS.

Masalah kesehatan reproduksi pada wanita pecandu mencakup beberapa area, antara lain :

1.  Masalah reproduksi

Kesehatan, morbiditas (gangguan kesehatan) dan kematian perempuan yang berkaitan dengan kehamilan dan narkoba. Termasuk di dalamnya juga masalah gizi dan anemia di kalangan perempuan, penyebab serta komplikasi dari kehamilan perempuan penyalah guna narkoba, masalah kemandulan dan ketidaksuburan akibat penggunaan narkoba. Pelayanan kesehatan pada perempuan pecandu yang terinfeksi HIV, IMS atau penyakit menular lainnya.

2. Masalah kekerasan perempuan penyalah guna narkoba.

Kencenderungan adanya kekerasan secara sengaja kepada perempuan, perkosaan, serta dampaknya terhadap korban. Norma sosial mengenai kekerasan dalam rumah tangga, serta mengenai berbagai tindak kekerasan terhadap perempuan. Sikap masyarakat mengenai kekerasan perkosaan dan langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut.

3. Masalah penularan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual

Penyakit menular seksual seperti sifilis, gonorrhea, herpes kelamin, clamidia dan lainnya. Penyakit HIV/AIDS yang jadi momok dikalangan perempuan pecandu. Selain itu dampak psikologi dan sosial akibat penularan penyakit tersebut perlu ditangani dengan baik dan menyeluruh.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari bahaya narkoba? Beberapa diantaranya adalah memiliki prinsip hidup sehat, memperkuat keimanan dengan rajin beribadah,  memilih lingkungan pergaulan yang sehat, komunikasi yang baik kepada kedua orang tua atau orang-orang terdekat. Salah satu yang paling penting adalah menghindari pintu masuk narkoba yaitu rokok.

Hubungan komunikasi yang baik antara anak dengan orang tuanya tentu akan memudahkan dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh anak. Selain untuk mencegah anak menyalahgunakan narkoba, orang tua juga berperan sebagai pemantau dan pendeteksi dini terhadap perilaku anak.

 

sumber :

http://www.babesrehab-bnn.info/index.php/artikel/128-dampak-narkoba-terhadap-kesehatan-reproduksi

 

Follow us :

Website : www.smkveteran1skh.sch.id

Instagram : @smkratu_skh

Facebook : SMK Veteran 1 Sukoharjo

Youtube : SMK Veteran 1 Sukoharjo

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PERAN GURU BK DI MASA PANDEMI COVID – 19

Oleh : Dyah Puspitosari Sekar Mahanani, S.Psi.,S.Pd. Guru Bimbingan dan Konseling  SMK Veteran 1 Sukoharjo Email : dyahsari2008@gmail.com   Berbicara tentang guru BK, kita ak

20/11/2021 07:05 WIB - Administrator
SMK Veteran 1 Sukoharjo Bersama Nasmoco Solo Baru Adakan Servis Mobil Murah

Sukoharjo- majalahlarise.com -SMK Veteran 1 Sukoharjo bekerjasama dengan Toyota Nasmoco Solo Baru mengadakan servis mobil murah selama dua hari. Rabu-Kamis (17-18/11/2021) ber

18/11/2021 10:37 WIB - Administrator
Pelepasan Peserta POPDA Cabang Olahraga PENTAQUE Tingkat Provinsi Jawa Tengah SMK Veteran 1 Sukoharjo

Petanque :) (diucapkan [pe.tɑ̃ːk] dalam bahasa Prancis atau pay/tah~k atau petong) awalnya merupakan permainan tradisional asal negara Prancis yang merupakan pengembangan dari p

15/11/2021 07:47 WIB - Administrator
NEWS!! Tanggal 17 & 18 November 2021 Nasmoco Solo Baru akan hadir di SMK VETERAN 1 SUKOHARJO

Hallo Warga SukoharjoToyota hadir lebih dekat lho... Nasmoco Solo Baru akan hadir di SMK VETERAN 1 SUKOHARJO Kuota 20 unit/hari ya..Tgl 17 & 18 November 2021 Dapatkan PROMO SPECIAL

11/11/2021 10:10 WIB - Administrator
Atlet-atlet Sukoharjo Torehkan Prestasi di Ajang Peparnas XVI Papua

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Prestasi membanggakan ditorehkan atlet-atlet asal Kabupaten Sukoharjo yang berlaga pada ajang Peparnas XVI Papua. Tercat

10/11/2021 12:25 WIB - Administrator
Atlet NPCI asal Sukoharjo Bertolak ke Papua Buru Emas di Peparnas XVI

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Atlet Sukoharjo yang tergabung dalam Kontingen Jateng memburu Emas di Peparnas XVI Papua, bertolak ke Bumi Cenderawasih. Mereka dilepas

01/11/2021 12:40 WIB - Administrator
Sidak Protokol Kesehatan dari Satgas Gugus Covid Kelurahan Sukoharjo di SMK Veteran 1 Sukoharjo

Sidak Protokol Kesehatan dari Satgas Gugus Covid Kelurahan Sukoharjo.Bertujuan untuk memantau protokol yang ada di Smk Veteran 1 Sukoharjo dalam pelaksanaan Pertemuan Tatap Muka Terbata

28/10/2021 12:00 WIB - Administrator
Video Eling lan Ngelingke  SMK Veteran 1 Sukoharjo

Simak Video "Eling lan Ngelingke"  SMK Veteran 1 Sukoharjo. Ajakan untuk menjaga imun, patuhi Prokes , Lindungi Diri dan Keluarga agar tehindar dari bahaya Virus Covid-19 Cek di Yo

13/07/2021 14:58 WIB - Administrator
Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2021

Pemuda pemudi harapan bangsa, teruslah bergerak, ciptakan karya agar suatu saat tercatat dalam sejarah Bangsa. Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional..Info lebih lanjut :Cahyo :

20/05/2021 05:30 WIB - Administrator
Selamat Hari Buruh 1 Mei 2021

Selamat Hari Buruh 1 Mei 2021 . . #hariburuh  #smk #smkratuskh #sukoharjo  #sukoharjomakmur

01/05/2021 11:11 WIB - Administrator